Kamis, 07 Mei 2015

IEOH MING PEI



Ieoh Ming Pei adalah putra seorang bankir kaya dan ekonomi menonjol, Ieoh Ming Pei tinggal di Shanghai dan Hong Kong, serta asalnya Canton, di tahun-tahun berikutnya kelahirannya pada tahun 1917. Setelah bersekolah Menengah St. John di Shanghai, Ieoh Ming Pei datang ke Amerika Serikat untuk belajar pada tahun 1935. Seperti banyak dari rekan bisnis ayahnya yang westerners- dari Inggris dan utara Eropa itu diharapkan Ieoh muda Ming Pei akan pergi ke luar negeri untuk studi. Awalnya, Ieoh Ming Pei direncanakan untuk menghadiri University of Pennsylvania untuk belajar arsitektur, tapi ketidakpastian sendiri tentang keterampilan menggambar dan program yang sangat menarik yang berorientasi dari beaux-arts program di Pennsylvania dipengaruhi didorong Hewan Peliharaan bunga di tempat lain. Ieoh Ming Pei matriculated bukan di MIT di mana Ieoh Ming Pei mengambil jurusan teknik arsitektur. William Emerson, dekan di MIT, berpengaruh dalam pergeseran kepentingan Ieoh Ming Pei 's dari teknik arsitektur. Pada wisuda tahun 1940, sudah jelas bahwa niat aslinya, untuk kembali ke asalnya China untuk berlatih, itu tidak terjadi. Perang Dunia II dan revolusi pasca perang di Cina dicegah kembali, dan atas saran dari ayahnya Ieoh Ming Pei tetap di Amerika Serikat dan menjadi warga negara.

Dari MIT, Ieoh Ming Pei pindah ke Harvard, di mana pada tahun 1942 Ieoh Ming Pei belajar dengan Gropius dan Breuer selama enam bulan. Pada saat itu, Ieoh Ming Pei sukarela untuk dan menjabat dua tahun dengan Komite Pertahanan Nasional Penelitian di Princeton, New Jersey. Pada tahun 1944, Ieoh Ming Pei kembali ke Graduate School of Design (GSD) di Harvard untuk menyelesaikan program master-nya, menerima gelar pada tahun 1946. Seperti orang lain dari generasinya, terutama Philip Johnson, Edward Larrabee Baines, Eliot Noyes, dan Paul Rudolph, Ieoh Ming Pei sangat dipengaruhi oleh Gropius dan Breuer. Bersih, permukaan datar menjadi merek dagang dari zaman tersebut. Dan ide-ide Bauhaus ini lain dan cita-cita yang paling menyedihkan untuk Dean Emerson, mentor awal Ieoh Ming Pei 's di MIT. Gagasan seperti itu sangat tersangka dalam suasana beaux-arts yang meresap sebagian besar sekolah arsitektur di tahun 1940-an. Meskipun kekhawatiran ini, Ieoh Ming Pei matang dan berkembang di bawah bimbingan dari Graduate School of Design Dean Hudnut, serta Gropius dan Breuer. Ieoh Ming Pei tetap di Cambridge, menjabat sebagai anggota fakultas di GSD sampai 1948 ketika Ieoh Ming Pei itu dipetik dari akademisi untuk melayani sebagai arsitek untuk pengembang William Zeckendorf. Dikenal sebagai Webb dan Knapp, Zeckendorfs perusahaan real estate adalah salah satu yang paling Dari MIT, Ieoh Ming Pei pindah ke Harvard, di mana pada tahun 1942 Ieoh Ming Pei belajar dengan Gropius dan Breuer selama enam bulan. Pada saat itu, Ieoh Ming Pei sukarela untuk dan menjabat dua tahun dengan Komite Pertahanan Nasional Penelitian di Princeton, New Jersey. Pada tahun 1944, Ieoh Ming Pei kembali ke Graduate School of Design (GSD) di Harvard untuk menyelesaikan program master-nya, menerima gelar pada tahun 1946. Seperti orang lain dari generasinya, terutama Philip Johnson, Edward Larrabee Baines, Eliot Noyes, dan Paul Rudolph, Ieoh Ming Pei sangat dipengaruhi oleh Gropius dan Breuer. Bersih, permukaan datar menjadi merek dagang dari zaman tersebut. Dan ide-ide Bauhaus ini lain dan cita-cita yang paling menyedihkan untuk Dean Emerson, mentor awal Ieoh Ming Pei 's di MIT. Gagasan seperti itu sangat tersangka dalam suasana beaux-arts yang meresap sebagian besar sekolah arsitektur di tahun 1940-an. Meskipun kekhawatiran ini, Ieoh Ming Pei matang dan berkembang di bawah bimbingan dari Graduate School of Design Dean Hudnut, serta Gropius dan Breuer.

Ieoh Ming Pei tetap di Cambridge, menjabat sebagai anggota fakultas di GSD sampai 1948 ketika Ieoh Ming Pei itu dipetik dari akademisi untuk melayani sebagai arsitek untuk pengembang William Zeckendorf. Dikenal sebagai Webb dan Knapp, Zeckendorfs perusahaan real estate adalah salah satu pembangun paling agresif pada masa pasca perang. Tidak seperti kebanyakan arsitek muda yang mencari pekerjaan awal dan formatif mereka pada rumah tinggal dan proyek-proyek skala kecil lainnya, Ieoh Ming Pei disodorkan langsung ke dunia bangunan besar dan bisnis besar. Di antara proyek-proyek yang dilakukan oleh Zeckendorf, dan diawasi oleh Direktur nya Arsitektur, adalah tinggi Pusat Mile di Denver, Place Ville Marie di Montreal, dan Kips Bay Plaza di New York City. Ini skala besar bekerja semua yang terlibat jenis perencanaan yang ketat dan apresiasi fokus perkotaan yang organisasi Ieoh Ming Pei akan diakui. Tidak hanya tahun dengan Webb dan Knapp tawaran Ieoh Ming Pei pencelupan yang luar biasa dalam dunia arsitektur perusahaan, juga memperkenalkan dia untuk orang-orang yang akan segera menjadi mitra, dalam salah satu praktik arsitektur AS paling sukses. Bekerja dengan dia adalah Henry N. Cobb, Eason H. Leonard, dan kemudian James Ingo Freed. Dengan Cobb dan Leonard sebagai mitra asli, Ieoh Ming Pei resmi mendirikan perusahaan sendiri, Ieoh Ming Pei dan Associates (kemudian Ieoh Ming Pei dan Mitra), pada tahun 1960. Akhir era Zeckendorf datang secara damai, sesuatu yang lulus, Ieoh Ming Pei karena telah mulai menerima proyek di luar Webb dan Knapp perlindungan pada akhir 1950-an. Dengan Eason Leonard sebagai managing partner dan Henry Cobb sebagai mitra desain, perusahaan ditetapkan untuk melanjutkan perencanaan dan pembangunan usaha skala besar. Dalam kedua orang ini Ieoh Ming Pei memiliki dua mitra yang sangat berbeda. Latar belakang Leonard termasuk pendidikan arsitektur dalam bukunya Oklahoma asli di Oklahoma State University di Stillwater, diikuti oleh empat tahun di Army Corps of Engineers. Sebelum bergabung Webb dan Knapp, Ieoh Ming Pei bekerja untuk William Lescaze, praktik terlalu sering diabaikan di mana prinsip-prinsip modernisme pertama kali diperkenalkan ke perusahaan Amerika.

Cobb, sebaliknya, keluar dari latar belakang Boston ningrat dengan studi di Philips Exeter, Harvard College, dan Graduate School of Design di Harvard. Setelah layanan di cadangan angkatan laut dan masa singkat di kantor Hugh Stubbins ini, Cobb bergabung Webb dan Knapp pada tahun 1950. Harry (karena ia dikenal rekan-rekannya) Cobb tentu bisa memiliki praktek yang berkembang sendiri, tapi Ieoh Ming Pei memilih untuk menjadi bagian dari perusahaan dan menganggap peran masyarakat agak kurang terlihat. Pada 36 Ieoh Ming Pei sebagian besar bertanggung jawab untuk proyek Place Ville Marie di Montreal, pekerjaan besar dalam vernakular modernis. Ini gagasan Bill Zeckendorfs sebagian besar akan mengubah kota di Kanada. Pada tahun-tahun sejak Webb dan Knapp, Cobb telah mengabdikan sebagian besar waktunya untuk mengajar, yang berpuncak pada pengangkatannya sebagai Ketua Graduate School of Design di Harvard. Ieoh Ming Pei disajikan dalam peran ini selama lima tahun (1980-1985) dan tetap pada fakultas. Selama masa jabatannya, peran Harvard dalam pendidikan arsitektur diberi kilau baru dan arah Cobb berusaha untuk memperkuat program agak stagnan dengan vitalitas masalah difokuskan pada urbanisme dan lingkungan kualitas. Sebagai pengamat sensitif kota, Cobb selalu dijiwai karyanya dengan arti bahwa bangunan tidak bisa berdiri sendiri, tetapi harus menjadi bagian dari, dan penambahan penting untuk, kain perkotaan. Hal ini dicontohkan dalam beberapa karya desain terbaik Cobb, terutama, John Hancock Tower di Boston (1976), Portland (Maine) Museum of Art (1983), dan Fountain Place, pengembangan mixed-use di Dallas (1986). Dalam setiap proyek-proyek ini, sebuah bangunan yang relatif besar atau bangunan telah digunakan sebagai fokus dari ruang kota dan sebagai generator aktivitas perkotaan. Pada kedua Fountain Place dan John Hancock reflektif kaca dinding tirai tinggi telah digunakan sebagai foil untuk ruang perkotaan baru dan didirikan, masing-masing. Hancock, duduk berdekatan dengan Gereja HH Richardon Trinity dan McKim, Mead dan Perpustakaan Umum White, mungkin penggunaan paling efektif dari kaca reflektif di Amerika Serikat.

The Portland Museum menggunakan proyek yang jauh lebih kecil untuk meningkatkan pusat kota memudar dan membangun penutupan dan kehadiran di perkotaan. Museum ini samar-samar Renaissance di perasaan pada eksterior dengan referensi langsung ke karya Sir John Soane (Dulwich Picture Gallery) pada interior. Ketiga proyek jelas menggambarkan motif dalam pekerjaan perusahaan. Dalam hampir setiap proyek besar dengan kantor Ieoh Ming Pei, agenda perencanaan yang ambisius diberikan kehidupan dengan sederhana, geometri berani bangunan tunggal. Di gedung itu, pernyataan yang jelas selalu membuat fasih program sering kompleks fungsi yang berbeda. Semacam ini keberanian arsitektur tentu dalam aliran AS Richardson dan Sullivan dengan siapa perusahaan jarang berhubungan karena masalah gaya, setidaknya pada awal tahun, begitu jelas diambil dari pengaruh Jerman Ieoh Ming Pei dan Cobb berasimilasi di GSD, dan latar belakang Miesian dari Jim Freed. Sementara banyak pekerjaan perusahaan mungkin memiliki Bauhaus keturunan estetika, kejelasan dan kekuatan solusi sebagian besar dari Richardson, Sullivan, dan Wright. Bauhaus pernah klien perusahaan seperti yang dilakukan Richardson dan Sullivan, dan sementara kantor Ieoh Ming Pei (seperti Bauhaus) memiliki agenda sosial yang dibuktikan dengan bekerja di Society Hill di Philadelphia, Bedford-Stuyvesant di Brooklyn, atau Denver Mall, upaya utama telah dalam penciptaan ikon korporasi dan institusi elegan dan kuat. Setelah Hancock, tampaknya tidak mungkin bahwa Ieoh Ming Pei dan Mitra akan pernah menyelesaikan proyek-proyek perusahaan dan institusi. Dengan kaca Gedung Hancock mengotori jalan-jalan ofCopley Square, fasad terdokumentasi dengan baik penuh dengan kayu lapis, Hancock tampak seperti pembatalan kejam modem arsitektur-bangunan seperti patung, teknologi mengamuk. Sementara sebagian besar klien mereka ditahan iman profesionalisme perusahaan dan integritas, mereka enggan untuk menyewa Ieoh Ming Pei karena takut bahwa perusahaan akan segera jatuh di bawah beban hukum dan keuangan dari bencana Hancock dan tuntutan hukum incumbent

Ini datang pada saat perusahaan tampaknya memulai periode paling kreatif dan produktif nya. Setelah menyelesaikan dua menuangkan bangunan beton yang paling penting di dunia-Everson Museum of Art di Syracuse (1968) (Gambar. 2) dan Pusat Penelitian Atmosfer Nasional di Boulder (1967) (Gambar. 3) -yang 1970 tampak seperti dekade Ieoh Ming Pei. Dalam kedua proyek, kosakata bentuk kuat dari abadi keindahan mendustakan anggapan bahwa modernisme berarti banalitas. Dari upaya kolaboratif perusahaan Ieoh Ming Pei 's datang bukti nyata bahwa masih ada banyak kehidupan dalam gerakan modem. Melihat kemungkinan elegan beton dituangkan, perusahaan menjadi ahli yang diakui di era postbrutalist arsitektur art beton karena hampir antropomorfik. Dengan Hancock, keahlian yang sama tampaknya jelas dalam ramping, reflektif, pisau bermata dinding tirai. Dengan banyak 60 cerita yang jendela jatuh ke jalan-jalan Boston, masa depan Ieoh Ming Pei dan Mitra sangat banyak diragukan. Pada awalnya, tidak mengetahui penyebab masalah dan mencurigai semua, klien dan arsitek disebut dalam serangkaian konsultan struktur untuk memastikan alasan kegagalan spektakuler kaca. Akhirnya, itu kaca itu sendiri yang diakui sebagai pelakunya; dua lapisan anil yang digantikan oleh lapisan tunggal untuk menghilangkan gerakan yang tidak semestinya dan stres. Semua penyelidikan dan kerja hukum mengambil waktu. Banyak perusahaan akan runtuh di bawah tekanan biaya hukum dan investigasi, dan tekan buruk. Namun, pada akhir 1970-an, Ieoh Ming Pei dan Mitra itu disebut-sebut sebagai perusahaan arsitektur terbaik di dunia. Perbandingan untuk Louis Kahn dan McKim, Mead dan Putih yang tidak biasa. Hancock kegagalan itu berasal sebagian besar karena pemilik arsitek tidak pernah kehilangan kepercayaan satu sama lain. John Hancock dan Ieoh Ming Pei dan Mitra bekerja sebagai satu unit untuk menghadapi masalah. Ketika isu kaca akhirnya diselesaikan, Ieoh Ming Pei 's East Wing dari National Gallery of Art itu hampir selesai dan dengan itu, era berikutnya dari perusahaan itu mengambil bentuk.

Timur Wing merupakan puncak dari fase beton dan batu kerja perusahaan. Bangunan ini berisi semua keahlian organisasi diperoleh dalam dua dekade pertama operasinya. Dengan Sayap Timur, semua presisi dan keberanian kerja masa lalu dibawa ke dalam fokus. Dari Kips Bay Plaza melalui Des Moines Art Center Penambahan (1968); Museum Everson; Mellon Pusat Seni di Choate Sekolah di Wallingford, Connecticut (1972); Pusat Penelitian Atmosfer; Science Center Kristen di Boston (1973) (dirancang di bawah arahan Araldo Cossutta, yang menjabat sebagai mitra keempat dari 196 ^ -1973); Johnson Museum of Art di Comell University (1973); dan Oversea-Chinese Banking Corporation Centre di Singapura (1976), Ieoh Ming Pei dan Mitra menciptakan serangkaian bertulang bangunan beton kejelasan sempurna dan kekuasaan. Pada Sayap Timur, kombinasi desain situs-hati; bentuk karya yang dihasilkan dengan toleransi pembuat lemari tersebut; integrasi yang luar biasa dari layanan struktural, mekanik, dan listrik; dan kelezatan semua elemen dari geometri warna mewakili upaya kolaborasi klasik dari organisasi Ieoh Ming Pei. Gagasan Miesian Allah berada di detail tidak pernah lebih jelas daripada di Sayap Timur. Tennessee tambang yang memasok batu untuk neoklasik John Russell Paus Galeri Nasional dibuka kembali sehingga Ieoh Ming Pei bisa memanfaatkan dirinya dari bahan yang sama untuk penambahan nya. Batu sama tanah sebagai agregat untuk beton sayap timur sehingga bangunan akan memancarkan cahaya merah muda yang sama dari aslinya. Di sini, seperti dengan Hancock, kolaborasi meluas ke hubungan antara klien dan arsitek. Sebagai seni pelindung diri, Ieoh Ming Pei berbicara bahasa penikmat, kualitas tidak hilang pada Paul Mellon, yang dibiayai proyek, atau Carter Brown, direktur museum
Dalam tubuh arsitektur beton bertulang , hanya Balai Kota Dallas (1966-1977) berdiri sebagai sebuah bentuk patung agak canggung janggal ditetapkan pada plaza gersang . Dengan pengecualian mencatat, karya periode 10 tahun ini merupakan curahan luar biasa berkelanjutan kualitas tinggi usaha . Dalam retrospeksi , bangunan tahan sangat baik . Sementara banyak produksi arsitektur tahun 1960-an dan 1970-an tampaknya tanggal , kelompok bangunan dengan Ieoh Ming Pei dan Mitra memiliki kekuatan yang sama dan kejelasan itu ketika itu baru . Hal ini terutama berlaku dari pekerjaan museum dan set agung bangunan di Science Center Kristen di Boston . Ieoh Ming Pei tetap di Cambridge , menjabat sebagai anggota fakultas di GSD sampai 1948 ketika Ieoh Ming Pei itu dipetik dari akademisi untuk melayani sebagai arsitek untuk pengembang William Zeckendorf


EmoticonEmoticon